Loading icon
Apa Gunung Tertinggi Di Indonesia

Apa Gunung Tertinggi Di Indonesia

Share:

Itulah sebabnya para pendaki biasanya tidak akan mudah merasa puas jika hanya berhasil menaklukan satu atau dua pegunungan saja. Buku Mari Mendaki Gunung dari Leuser Sampai Cartenz bisa Grameds jadikan referensi untuk informasi lebih banyak mengenai hal ini. Jadi jika Grameds berniat untuk mendaki puncak Mandala perlu persiapan khusus seperti logistik, peralatan, izin dan memahami ruti pendakian dengan baik. Jika Grameds mendaki Gunung ini akan banyak menemukan flora unik khas Semeru yang beragam, seperti pohon akasia, cemara, pinus, edelwis putih, dan anggerk endemik. Selain flora, Grameds juga bisa saja bertemu fauna seperti macam kumbang, kijang, luwak, kancil, dan budeng di Semeru. Jika Grameds tertarik mendaki gunung Rantemario bisa melewati 8 post di pendakian yang disetiap tempatnya memiliki tanda dan area terbuka untuk memasang tenda peristirahatan.

Daftar gunung tertinggi Indonesia di atas bisa jadi rekomendasi Grameds yang mungkin berencana untuk hiking atau sekadar refresing dari kesibukan sehari-hari.

5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 3 dan 4 Favorit Pendaki

5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 3 dan 4 Favorit Pendaki

Selain itu, Indonesia diketahui sebagai negara ketiga yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia. Sederet gunung di Indonesia juga mampu menarik minta pencinta alam dan pendaki untuk berkunjung. Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, biasanya para pendaki merayakan momen itu di beberapa puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Bila Anda merupakan pencinta alam dan belum pernah mendaki puncak gunung tertinggi di Indonesia, berikut 5 daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber. Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summits.

Terdapat pemandangan padang rumput luas dan hutan tropis di Gunung Rinjani. Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nama Gunung Sanggar mungkin tidak populer seperti Semeru dan Rinjani. Letak Gunung Sanggar berada di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Jaya Wijaya hingga Rinjani

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Jaya Wijaya hingga Rinjani

Gunung yang terletak di Provinsi Papua ini juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid. Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat salju abadi. Rinjani menjadi salah satu gunung tertinggi yang populer dan banyak mengundang pendaki. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 3.478 meter. Dari pusat kota Makassar, pendaki harus memakan waktu hingga 10 jam untuk mencapai kaki gunung. Terletak di Jawa Tengah, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.428 meter.

Setiap gunung menawarkan pesona alam serta pemandangan yang masih asri dan alami. Bagi kamu yang hobi mendaki, gunung tertinggi di Indonesia ini bisa menjadi tujuan. Banjir Lahar Gunung Semeru, 2 Alat Berat Terjebak di Sungai Leprak.

Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Itulah sebabnya para pendaki biasanya tidak akan mudah merasa puas jika hanya berhasil menaklukan satu atau dua pegunungan saja. Selain itu, ada lagi gunung-gunung dengan ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut (mdpl) yang masuk dalam daftar gunung tertinggi. Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan Gunung Carstensz Pyramid adalah titik tertinggi Indonesia yang berada di Provinsi Papua.

Hal ini guna membelit penggalan tersebut dari Jambudwipa (daratan sekitar India), sehingga Pulau Jawa yang terombang-ambing di lautan pun menjadi seimbang. Untuk mencapai puncak tertinggi di Indonesia ini, Anda bisa melewati dua jalur pendakian, yakni dari Sembalun dan Senaru.

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor Satu Masuk Seven Summits Dunia

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor Satu Masuk Seven Summits Dunia

Suara.com - Menjelang 17 Agustus, banyak warga Indonesia yang ingin merayakan kemenangan ini dengan mendaki gunung, sebagai simbol perjuangan. Baca Juga: 6 Gunung Tertinggi di Indonesia, Bisa Jadi Referensi Pendakian saat HUT Kemerdekaan RI. Pengunjung berada di tempat wisata Bukit Tirai Embun dengan latar Gunung Kerinci, Jambi.

Baca Juga: 5 Gunung Tertinggi di Jepang, Salah Satunya Hanya Terbuka untuk Pendaki Pro. Pendakian ke Gunung Rinjani mulai ramai dipesan untuk perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani memiliki padang rumput nan luas dengan hutan tropis yang sangat memukau. Hal ini membuatnya masuk dalam urutan kelima daftar gunung tertinggi di Indonesia.

11 Gunung Tertinggi di Indonesia, Anda Berani Hiking?

11 Gunung Tertinggi di Indonesia, Anda Berani Hiking?

Mari mengenal definisi dan perbedaan ketiganya agar Anda bisa yakin memilih aktivitas yang cocok saat main ke gunung. Trekking juga merupakan aktivitas berjalan kaki, tapi dilakukan dalam jarak yang jauh dan tak cukup sehari. Oleh karena itu, orang yang melakukan trekking alias trekker menyiapkan tenda untuk tempat tidur.

Singkatnya, aktivitas ini umumnya dilakukan di daerah minim transportasi atau jalur yang masih jarang dilalui orang. Jadi, Anda yang melakukan trekking bakal sering membuka jalur sendiri demi mempersingkat waktu perjalanan. Singkatnya, mountaineering adalah kegiatan mendaki gunung dengan medan menantang dan bertujuan untuk mengatasi semua bahaya pada rute.

Setelah muncak dari timur Indonesia, kini saatnya Anda mendaki Gunung Kerinci yang ada di Pulau Sumatera. Bagi warga Sembalun atau Senaru, Gunung Rinjani diyakini dikendalikan oleh ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Jika tertarik mendaki gunung ini, Anda berkesempatan menemukan fauna peralihan seperti anoa hingga babi hutan.

Jalur pendakian gunung ini didominasi dengan batuan, kerikil, dan pasir yang membuat licin serta mudah longsor.

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Indonesiabaik.id - Posisinya yang tepat berada pada garis cincin api bumi membuat pulau Jawa banyak dihuni gunung-gunung berapi aktif. Tak heran, di pulau ini banyak sekali gunung-gunung tinggi nan indah yang sering jadi arena pendakian para petualang. Gunung ini punya pesona keindahan yang sangat luar biasa. Gunung berapi kerucut ini terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia dengan ketinggian 3332 mdpl Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Gunung ini merupakan salah satu destinasi pendakian, karena jalur treknya yang dianggap menantang.

Gunung Tertinggi di Indonesia Ada di Papua, Sudah Tahu?

Gunung Tertinggi di Indonesia Ada di Papua, Sudah Tahu?

Bicara tentang pendakian gunung memang tak ada habisnya. Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (16/3/2021), Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan Gunung Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi di Indonesia. Puncak ini menjadi tertinggi di Indonesia tepatnya kawasan Oseania.

Bila sudah bisa menaklukkan gunung ini, seperti jadi pencapaian tertinggi bagi para pendaki. Di kalangan pendaki gunung, puncak Carstensz ini terkenal dengan pegunungan yang mematikan.

Oleh sebab itu, mendaki gunung tertinggi di Indonesia Puncak Jaya Wijaya tentu butuh pengalaman dan jam terbang luar biasa. Diperlukan sejumlah persiapan hingga fisik yang prima sebagai modal mendaki gunung ini.

Daftar gunung di Indonesia menurut lokasi

Daftar gunung di Indonesia menurut lokasi

Halaman ini memuat daftar gunung di Indonesia menurut lokasi. Jika Anda melihat artikel yang seharusnya tercantum di sini, silakan sunting halaman ini dan tambahkan pranala ke artikel tersebut. Halaman ini memuat daftar gunung di Pulau Kalimantan .

Jika Anda melihat artikel yang seharusnya tercantum di sini, silakan sunting halaman ini dan tambahkan pranala ke artikel tersebut. Daftar gunung di Indonesia menurut abjad.