Loading icon
Gerakan Berguling Kedepan Dan Kebelakang Dapat Melatih Kelenturan Otot

Gerakan Berguling Kedepan Dan Kebelakang Dapat Melatih Kelenturan Otot

Share:

Mapel: Penjaskes. Kategori: Senam lantai. Kata Kunci: senam lantai, berguling. b. bahu dan punggung. Gerakan berguling, baik guling ke depan ataupun ke belakang bisa melenturkan otot-otot di bagian bahu dan punggung. Untuk bisa melakukan gerakan ini tanpa mengalami kendala, maka sebaiknya melakukannya menggunakan alas berupa matras atau sejenis sehinga tubuh tidak langsung bertemu dengan lantai.

soal-soal lain untuk belajar materi penjas senam lantai: brainly.co.id/tugas/16677383.

Gerakan berguling kedepan dan kebelakang dapat melatih kelenturan otot

Gerakan berguling kedepan dan kebelakang dapat melatih kelenturan otot

Ask a Question. How to use?

Just show us this coupon on a screen. Quick Contact to Help?

For any Query regarding a website or any issue please contact with us we are here for solving your problem 24/7.

1.Gerakan berguling kedepan dapat melatih kelenturan otot.....A.bahu dan punggung

1.Gerakan berguling kedepan dapat melatih kelenturan otot.....A.bahu dan punggung

Ketika melakukan gerakan guling depan, manfaat yang di adalah meningkatkan kelenturan otot (A) bahu dan punggung. Ketika melakukan gerakan meroda, arah tubuh adalah berguling ke (C) samping.

Senam lantai memiliki berbagai jenis gerakan, diantaranya adalah guling depan dan meroda. Guling depan adalah gerakan berguling ke depan dengan menggunakan tubuh bagian belakang, mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul.

Gerakan guling depan dilakukan di lantai yang beralaskan matras untuk menghindari terjadinya cidera. Agar dapat melakukan gerakan guling depan, harus memiliki keseimbangan tubuh yang baik. Meroda adalah gerakan menjatuhkan badan ke samping dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan.

Dalam senam lantai, gerakan meroda dilakukan di atas matras. Materi tentang tahapan gerak melakukan guling depan brainly.co.id/tugas/14339566. Materi tentang manfaat gerakan meroda bagi tubuh manusia brainly.co.id/tugas/19312490.

Melatih Kelenturan Tubuh Lewat Senam Ketangkasan

Melatih Kelenturan Tubuh Lewat Senam Ketangkasan

Namun, gerakan ini ternyata juga bisa dilakukan oleh orang dewasa yang ingin badannya tetap bugar, lentur, dan dapat selalu bergerak aktif. Meski gerakannya terlihat sederhana, setiap latihan memiliki tingkat kesulitannya sendiri sehingga Anda sangat dianjurkan untuk berlatih di bawah pengawasan instruktur atau guru olahraga.

Berguling ke depan, dimulai dari tengkuk kedua bahu punggung - pinggang - pinggul - bokong - telapak kaki. Head stand merupakan bentuk senam ketangkasan yang memerlukan ketenangan, keseimbangan, dan keterampilan.

Bagi pemula, Anda dapat meminta bantuan instruktur, guru olahraga, maupun tembok untuk menopang tubuh terlebih dahulu. Berdiri mencangkung dengan telapak kaki sejajar kurang Iebih jarak satu kepal. Secara perlahan, letakkan dahi di depan dan tengah-tengah kedua tangan sehingga membentuk segitiga sama sisi. Bila punggung terlalu melengkung, tubuh terdorong bergerak ke depan dan akan hilang keseimbangan.

Manfaat Roll Depan dan Roll Belakang, Sering Dilakukan Saat PJOK

Berguling ke depan dan belakang atau juga disebut roll depan dan belakang adalah salah satu dari ragam gerakan senam lantai. Senam lantai adalah senam yang gerakannya dilakukan pada matras, unsurnya meliputi melompat, mengguling, meloncat, dan berputar di udara serta menumpu dengan tangan dan kaki.

Pengertian roll depan adalah melingkarkan tubuh menuju ke depan yang gerakannya berawal dari tenguk, punggung, pinggang, hingga panggul bagian belakang. Posisi roll depan adalah kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, dan kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada. Manfaat gerakan roll belakang untuk kesehatan dan kebugaran tubuh adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Macam-Macam Pola Gerak Dominan dalam Senam Lantai Menggunakan Alat: Tolakan Hingga Mendarat. Otot yang lentur akan menghindarkan teman-teman dari kemungkinan cedera.

Hal ini juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan jangka panjang. Menguasai teknik dan cara roll depan dan roll belakang itu penting untuk rasa sakit akibat salah posisi berguling.

Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.