Loading icon
Melakukan Istirahat Atau Tidur Bertujuan Untuk

Melakukan Istirahat Atau Tidur Bertujuan Untuk

Share:

Istirahat adalah keadaan dimana tubuh berhenti melakukan aktivitas dan melakukan rehat untuk kembali menyegarkan tubuh. Ketika kita memiliki Tidur yang cukup terutama saat malam hari maka tak akan mampu terjaga dan beraktivitas lebih baik sepanjang hari dan mengurangi risiko mengantuk saat melakukan pekerjaan pada siang atau sore hari.

Hal ini belum terlalu di teliti tetapi pernah dilakukan riset pada wanita yang berusia 50-80 tahun bahwa di antara mereka yang meninggal lebih muda adalah mereka yang tidur kurang dari 5 jam per hari. Saat kita tertidur maka enzim ghrelin dan leptin menyeimbangkan diri sehingga mengontrol rasa lapar dan kenyang. Pada saat tidur hati bekerja keras untuk menetralisir racun dalam tubuh terhadap racun yang sekiranya masuk bersama dengan makanan atau hal lainnya ke dalam tubuh. Sehingga jika kita tidak tidur dalam porsi waktu yang cukup maka racun dalam tubuh tidak akan hilang.

Pada saat malam hari asam lambung akan naik karena digunakan untuk mengosongkan isi lambung dengan menggunakan gaya peristaltik. Oleh karena itu disarankan saat malam hari 2 jam sebelum tidur sebaiknya kita tidak makan agar tidak mempertinggi asam lambung yang dihasilkan serta mempermudah kerja lambung saat malam hari untuk mengosongkan isinya.,.

4 Manfaat Istirahat yang Cukup dan Cara Memperolehnya • Hello Sehat

4 Manfaat Istirahat yang Cukup dan Cara Memperolehnya • Hello Sehat

Jika Anda masih saja begadang atau tidur larut malam, coba luangkan waktu sebentar untuk memahami lebih dalam manfaat tidur yang cukup. Dengan begitu, Anda akan tergugah untuk kembali memperbaiki jam tidur yang berantakan. Contohnya saja, saat Anda merasa kelelahan akibat aktivitas padat dan tidak dibarengi dengan tidur yang cukup. Biasanya jika sudah begitu dalam beberapa waktu kemudian Anda malah kena flu, batuk, atau pilek akibat infeksi. Nah, fakta ini telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, salah satunya riset yang diterbitkan pada The Journal of Experimental Medicine. Dalam riset tersebut, para peneliti telah membuktikan berbagai manfaat istirahat yang cukup, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit.

Manfaat Istirahat & Tidur Cukup

Manfaat Istirahat & Tidur Cukup

Sobat Awal Bros, tahukah kalian jika tidur yang cukup merupakan kebutuhan mendasar bagi kesejahteraan dan kesehatan tubuh. Sekitar sepertiga dari hidup manusia dihabiskan dalam kondisi tidak sadar yang dikenal sebagai tidur.

Tidur sebenarnya merupakan kondisi aktif yang memperbaharui kesehatan mental dan fisik. Bisa tidur dengan nyenyak merupakan nikmat yang diinginkan semua orang.

Namun yang lebih penting dari sekedar menghitung jam tidur adalah menilai bagaimana perasaan kita masing-masing di siang hari, jika tubuh terasa segar berfungsi dengan baik dan tidak lelah sekalipun ketika sedang duduk dan relaks selama beberapa menit, itu menandakan kalau tidur kita cukup dan berkualitas.