Loading icon
Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu

Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu

Share:

Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu. Berikut makanan penderita wasir yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari. Selain itu, berikut makanan penderita wasir yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari. Makanan penderita wasir yang dianjurkanBerikut makanan penderita wasir yang dianjurkan. Makanan penderita wasir yang sebaiknya dihindariSebagaimana dilansir WebMD, makanan dengan sedikit serat dapat menyebabkan atau memperburuk konstipasi (dan karena itu wasir), jadi yang terbaik adalah membatasi seberapa banyak Anda memakannya. Selain makanan penderita wasir yang boleh dan tidak dianjurkan, suplemen zat besi juga dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Makanan yang Boleh dan Tidak Dikonsumsi Penderita Wasir

Jakarta, CNN Indonesia --

--

Ambeien atau lazim disebut wasir merupakan kondisi pembengkakan dan peradangan pada pembuluh vena di sekitar anus. Berikut makanan penderita wasir yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Kondisi wasir kerap dialami oleh ibu hamil atau pasien konstipasi atau kesulitan buang air besar.

Namun tak jarang wasir mampir ke rektum atau anus orang yang duduk terlalu lama, mengejan saat buang air besar, diare kronis, obesitas atau kurang makan berserat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Banyak penderita wasir yang kerap dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak serat dan tetap terhidrasi sebagai salah satu cara mengatasi. Selain itu, berikut makanan penderita wasir yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Makanan penderita wasir yang dianjurkan

Berikut makanan penderita wasir yang dianjurkan.

1. Kacang-kacangan

Saat mencoba mengatasi dan mencegah timbulnya wasir, satu aturan utama yang perlu dilakukan adalah memastikan mendapatkan cukup serat.

Anda bisa mendapatkan dua jenis serat dari makanan - larut dan tidak larut. Sementara jenis yang larut membentuk gel di saluran pencernaan Anda dan dapat dicerna oleh bakteri ramah, serat tidak larut membantu meningkatkan tinja Anda.

Untuk usus yang sehat, Anda membutuhkan keduanya.

Menurut laporan Healthline, kacang-kacangan adalah biji tanaman yang dapat dimakan dalam keluarga Fabaceae. Mereka termasuk kacang, lentil, kacang polong, kedelai, kacang tanah, dan buncis.

Kacang-kacangan sarat dengan kedua jenis serat tetapi terutama kaya akan jenis yang larut.

2. Gandum utuh

Seperti kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum adalah sumber nutrisi. Gandum utuh kaya akan serat tidak larut yang membantu menggerakkan pencernaan Anda, serta dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

Untuk itu, gandum utuh menjadi salah satu yang dianjurkan sebagai makanan penderita wasir.

Oatmeal adalah pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan dalam diet ketika sedang mencoba mengurangi gejala wasir.

Ini mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut beta-glukan, yang bermanfaat bagi mikrobioma usus Anda dengan bertindak seperti prebiotik.

Prebiotik membantu memberi makan bakteri ramah di usus Anda

3. Paprika

Sayuran yang bagus sebagai makanan penderita wasir adalah paprika.

Setiap cangkir (92 gram) irisan paprika ringan menghasilkan hampir 2 gram serat.

Meskipun tidak berserat seperti beberapa sayuran lain, paprika sangat menghidrasi dengan kandungan air 93 persen.

4. Seledri

Sama halnya dengan paprika, seledri memberikan banyak air, serta serat. Ini melunakkan tinja Anda dan mengurangi kebutuhan untuk mengejan.

5. Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung hampir 6 gram serat, yang merupakan 22 persen dari kebutuhan serat harian Anda.

Pastikan untuk memakan buah ini dengan kulitnya, karena di situlah banyak serat penangkal ambeien dapat ditemukan.

6. Apel

Seperti pir, apel memiliki jumlah serat yang mengesankan. Ini membantu melunakkan dan menambah jumlah tinja Anda, mengurangi ketegangan dan membantu ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

7. Pisang

Kaya akan pektin dan pati resisten, pisang adalah makanan yang ideal untuk dimasukkan ke dalam diet Anda untuk menenangkan gejala wasir.

Sementara pektinnya menciptakan gel di saluran pencernaan Anda, pati resistennya memberi makan bakteri usus Anda yang ramah - kombinasi yang bagus untuk membantu wasir Anda.

Makanan penderita wasir yang sebaiknya dihindari

Sebagaimana dilansir WebMD, makanan dengan sedikit serat dapat menyebabkan atau memperburuk konstipasi (dan karena itu wasir), jadi yang terbaik adalah membatasi seberapa banyak Anda memakannya.

Berikut beberapa makanan penderita wasir yang sebaiknya dihindari.

Makanan rendah serat yang harus dihindari antara lain:

- Produk susu, termasuk susu, keju, dan varietas lainnya.
- Tepung putih, seperti roti putih, pasta, dan bagel.
- Daging merah. Hindari jenis daging ini, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat memperburuk sembelit.
- Daging olahan. Makanan jenis ini rendah serat dan tinggi natrium, meningkatkan risiko sembelit.
- Gorengan,  bisa membuat masalah di saluran pencernaan Anda dan sulit dicerna.
- Makanan asin, dapat menyebabkan kembung dan membuat wasir Anda lebih sensitif.

Penderita wasir juga harus menghindari makanan seperti:

- Makanan pedas. Meskipun tidak selalu rendah serat, makanan pedas dapat meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.
- Minuman berkafein. Minuman ini, terutama kopi, dapat mengeraskan tinja Anda dan membuatnya lebih menyakitkan saat buang air besar.
- Alkohol. Seperti minuman berkafein, minuman beralkohol dapat mengeringkan tinja dan memperburuk ketidaknyamanan wasir.

Selain makanan penderita wasir yang boleh dan tidak dianjurkan, suplemen zat besi juga dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda meminumnya.

(agn/agn)



[Gambas:Video CNN]

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Wasir

Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu. Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Wasir

Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi pengidap wasir:Makanan bersantan; Makanan pedas; Minuman bersoda; Daging-dagingan; Makanan olahan. Para pengidap wasir yang telah memiliki riwayat penyakit ini sejak lama juga wajib untuk menghindari makanan dan minuman tersebut. Lalu, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi oleh pengidap wasir? Setelah operasi, pengidap wasir harus melakukan perubahan gaya hidup dengan mengonsumsi makanan yang telah dianjurkan, seperti:Buah-buahan. Jenis-jenis makanan tersebut merupakan makanan yang mudah dicerna, karena mengandung serat tinggi yang dapat membantu kerja peristaltik organ usus.

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu. 8 Rahasia Manfaat Susu Bagi Kesehatan

8 Rahasia Manfaat Susu Bagi KesehatanTahukah Anda bahwa manfaat susu dinilai baik untuk menjaga tubuh tetap prima? Manfaat Susu untuk dikonsumsi setiap hariManfaat susu yang sudah banyak diketahui dari rutin minum susu setiap hari adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan untuk Anda yang sudah dewasa, manfaat susu yang bisa Anda dapatkan adalah menjaga ketahanan tulang. Memberi rasa kenyang merupakan manfaat susu yang bisa Anda rasakan setiap hari untuk Anda yang sedang mengikuti program diet. Agar maksimal, Anda juga bisa rutin konsumsi minum susu setiap hari agar manfaat susu bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

15 Manfaat Susu Kedelai dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Apakah Penderita Wasir Boleh Minum Susu. 15 Manfaat Susu Kedelai dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat susu kedelai? Membantu proses pertumbuhanManfaat susu kedelai yang pertama adalah mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena kandungan susu kedelai, atau sering disebut juga susu soya, yang kaya akan protein. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Membantu menurunkan tekanan darahPenelitian dalam American Journal of Hypertension (2014) membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah.