Loading icon
Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa

Share:

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. Benarkah cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih adalah efektif? Mengobati Cacing KremiCara mengobati cacing kremi dengan bawang putih dianggap efektif karena bisa membunuh telur cacing. Selain itu, cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih juga karena mampu mencegah produksi banyak telur oleh cacing kremi. Selain menggunakan cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih, ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba lakukan menggunakan bahan alami. Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh dengan Mengonsumsi WortelSelain dengan cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih, wortel, atau minyak kelapa.

Bagaimana Cara Mengobati Cacing Kremi dengan Bawang Putih?

Benarkah cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih adalah efektif? Mungkin banyak yang masih beranggapan bahwa cacingan hanya dialami oleh anak-anak. Padahal, orang dewasa pun dapat mengalami kondisi ini, dimana ada banyak jenis cacingan yang bisa menjadi penyebabnya. Salah satu cacing yang umum menjadi penyebab cacingan yakni cacing kremi.

Beberapa faktor seseorang mengalami cacingan yakni sanitasi, kurangnya kebersihan, pasokan air, dan suhu lembab. Untuk mencegah cacingan, maka Anda dapat menjaga pola hidup yang bersih dan sehat. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat cacing kremi dengan rutin guna mencegah infeksi cacing. Cacing kremi merupakan parasit yang bisa hidup didalam pencernaan, terutama di rektum dan usus besar. 

Cacing kremi mempunyai fisik yang berwarna putih dengan sekilas terlihat seperti benang putih. Cacing jenis ini memiliki panjang rata-rata 5-13 milimeter. Seseorang dapat terinfeksi cacing kremi sebab sudah mengonsumsi telur cacing kremi dari makanan atau benda lain yang telah terkontaminasi, secara tidak sadar. Sesudah tertelan, cacing kremi melakukan perjalanan melalui sistem pencernaan, kemudian menaruh telur pada lipatan sekitar anus ketika Anda sedang tidur. 

Mengobati Cacing Kremi

Cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih dianggap efektif karena bisa membunuh telur cacing. Selain itu, cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih juga karena mampu mencegah produksi banyak telur oleh cacing kremi. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengonsumsi bawang putih mentah. Anda juga dapat mengoleskan bawah putih seperti menggunakan salep saja. 

Guna membuat salep, Anda dapat menggerus bawang putih secukupnya. Pastikan bahwa bawang putih benar-benar halus dan teksturnya menjadi seperti pasta. Kemudian, campurkan pasta bawang putih tersebut dengan sedikit minyak esensial atau minyak jelly. Terakhir, celupkan kapas bersih ke dalam pasta lalu oleskan salep ke anus. 

Selain menggunakan cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih, ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba lakukan menggunakan bahan alami. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Minyak kepala

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa dapat membantu bersihkan infeksi cacing kremi. Hal ini karena adanya sifat antibakteri dan antiviral yang dimiliki minyak kelapa. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat cacing kremi mudah saja, yakni menelan satu sendok teh minyak kelapa murni. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan sedikit minyak kelapa ke anus sebelum tidur. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

  1. Wortel

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati cacing kremi yakni dengan wortel. Anda dapat mengonsumsi wortel mentah yang telah dicuci sebanyak 2 kali sehari. Pastikan bahwa wortel yang Anda konsumsi sudah sangat bersih sebelum dikonsumsi. Mengonsumsi wortel mentah dipercaya dapat membantu tubuh Anda mendorong cacing keluar dari usus Anda. Wortel memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu dapat meningkatkan pergerakan usus. Bukan hanya itu, wortel juga dapat memperbaiki pencernaan Anda. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh dengan Mengonsumsi Wortel

Selain dengan cara mengobati cacing kremi dengan bawang putih, wortel, atau minyak kelapa. Anda juga dapat mengatasi cacing kremi yakni dengan cara mengonsumsi obat seperti pirantel pamoat, albendazole, dan mebendazole. Perlu Anda perhatikan bahwa ketiga obat tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga, sebaiknya Anda telah melakukan konsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan salah satu dari obat tersebut. 

Jangan pernah anggap remeh cacingan karena dapat menyebabkan gejala yang mengganggu. Misalnya saja seperti rasa gatal pada area pantat atau anus. Gejala lain yang mungkin dirasakan seseorang dengan infeksi cacing kremi yakni sulit tidur dan iritasi kulit pada area anus. Bahkan, cacing juga dapat menyebar ke vagina dari area sekitar anus. Apabila hal ini terjadi maka akan menyebabkan gatal di area vagina serta penderitanya menjadi lebih rentan mengalami komplikasi. Komplikasi yang dapat terjadi yakni seperti vaginitis atau peradangan vagina. 

Mungkin cacingan terlihat seperti kondisi yang sepele, namun jika tidak ditangani dengan tepat dan benar. Maka, bukan tidak mungkin kondisi Anda akan semakin memburuk. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala cacingan, agar segera dapat ditangani dengan tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tidak Hanya untuk Masakan, Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Infeksi Cacing Kremi - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. Infeksi Cacing Kremi - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Penyebab Cacing KremiSeseorang bisa terjangkit parasit cacing kremi jika menelan telur dari cacing kremi. Berikut beberapa fakta mengenai infeksi cacing kremi:Cacing Kremi bisa MenularPerlu diwaspadai, cacing kremi bisa sangat menular. Cacing Kremi Bisa Terhirup Melalui UdaraAda kemungkinan juga seseorang menghirup telur cacing kremi. Pengobatan Cacing KremiPengobatan cacing kremi bertujuan untuk menghilangkan cacing kremi dan mencegah infeksi kembali terjadi. Dikarenakan risiko penyebaran infeksi cacing kremi tinggi, semua orang yang tinggal satu rumah dengan pengidap cacing kremi juga harus menjalani pengobatan.

Obat Cacing Kremi yang Ampuh untuk Obati Cacingan

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. Obat Cacing Kremi yang Ampuh untuk Obati Cacingan

Apa itu cacing kremi? Cacing kremi adalah parasit kecil yang dapat hidup di pencernaan manusia, khusunya di usus besar dan rektum. Anda bisa terinfeksi cacing kremi karena secara tidak sadar telah memakan telur cacing kremi dari makanan ataupun benda lainya yang sudah terkontaminasi dengan cacing tersebut. Setelah tertelan, cacing ini akan melakukan perjalan melalui sistem pencernaan Anda dan akan meletakkan telurnya di lipatan kulit di sekitar anus saat Anda sedang tertidur. Meskipun cacingan bukan termasuk kondisi yang serius, namun hal ini akan menimbulkan gejala yang sedikit mengganggu, yaitu munculnya rasa gatal di sekitar anus atau pantat.

Terkena Cacing Kremi, Inilah Pengobatan yang Bisa dilakukan

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. Terkena Cacing Kremi, Inilah Pengobatan yang Bisa dilakukan

Infeksi cacing kremi biasanya dilakukan oleh cacing betina yang meletakan ribuan telur di lipatan kulit di sekeliling anus. Kebanyakan orang yang terinfeksi cacing kremi tidak memiliki gejala, tetapi beberapa orang mengalami gatal-gatal disekitar dubur yang bisa mengganggu waktu tidur. Menelan atau menghirup telur cacing kremi tanpa sengaja adalah penyebab utama infeksi cacing kremi. Komplikasi Infeksi Cacing KremiInfeksi cacing kremi jarang menimbulkan masalah serius. Baca Juga: Ajarkan Si Kecil Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Cacing KremiItulah informasi terkait infeksi cacing kremi yang perlu diketahui.

5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. 5 Obat Cacing dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Berjalan tanpa alas kaki di halaman, makan dengan tangan yang tidak bersih, minum air atau susu yang tidak diolah, memasak sayuran yang tidak dicuci, atau jilatan dari hewan peliharaan dapat menyebabkan infeksi cacing. Obat ini digunakan terutama untuk infeksi usus seperti cacing kremi, dan infeksi cacing lain yang kurang umum seperti cacing cambuk, cacing gelang dan cacing tambang. Berbicara mengenai obat cacing yang aman, sebenarnya ada bahan-bahan alami yang aman dikonsumsi seperti:1. Kamu juga bisa menggunakan kelapa parut sebagai bahan alami yang aman dikonsumsi untuk obat cacing. Itulah obat cacing dari bahan alami yang aman dikonsumsi.

10 Obat Cacing Alami yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. 10 Obat Cacing Alami yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Penyakit ini relatif mudah diatasi dengan obat cacing di apotek atau lewat resep dokter. Cacing pita, cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang merupakan penyebab cacingan yang paling umum. Gejala cacinganGejala yang mungkin timbul akibat cacingan bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada jenis cacing yang menginfeksinya. Obat cacing alamiPenyakit cacingan bisa diobati dengan mengonsumsi obat cacing yang diresepkan dokter atau obat yang dijual bebas di apotek, seperti praziquantel, mebendazole, dan albendazole. Biji labuBiji labu dianggap sebagai obat cacing yang bisa menghancurkan cacing dalam perut.

Bisa Menyerang Miss V! Kenali Cacing Kremi: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

Cara Menghilangkan Cacing Kremi Pada Orang Dewasa. Bisa Menyerang Miss V! Kenali Cacing Kremi: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

Dikutip dari Meidicinenet, sekitar 20 persen anak perempuan mengalami infeksi cacing kremi di vagina. Sebagian cacing kremi dapat keluar bersama feses. Gejala Cacing KremiInfeksi cacing kremi umumnya tidak menimbulkan gejala. Jika seseorang menyentuh benda yang terkontaminasi telur cacing kremi, telur dapat menempel di tangan atau di dalam kuku dan bertahan hingga dua atau tiga minggu. Jika habis memegang suatu hal atau ingin makan, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu untuk menghindari telur cacing kremi.