Loading icon
Penyebab Benjolan Di Dekat Lubang Dubur

Penyebab Benjolan Di Dekat Lubang Dubur

Share:

Benjolan di dekat dubur tentu akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman karena tentunya benjolan tersebut akan terjepit. Banyak beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan benjolan di dubur.

Ditandai dengan benjolan bernanah yang tampak seperti bisul. Banyak makan sayur dan buah agar tidak susah BAB. Karena kondisi mengejan bisa membuat benjolan ambeien bertambah besar. Jika benjolan akibat bisul maka oleskan salep antibiotik jika Anda sudah memiliki persediaan di rumah. Jika benjolan dirasa bertambah besar, muncul keluhan BAB berdarah maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk penanganan lebih lanjut.

Benjolan di Anus? Ini 7 Penyebab, Plus Pengobatannya

Benjolan di Anus? Ini 7 Penyebab, Plus Pengobatannya

Pada dasarnya, anus merupakan organ yang menghubungkan saluran pencernaan dan bagian luar tubuh. Ketika bagian-bagian tersebut teriritasi, terinfeksi, atau tersumbat, terbentuklah benjolan yang membuat anus terasa keras atau nyeri ketika tersentuh. Banyak penyakit yang memicu benjolan daging di dubur, berikut adalah beberapa contohnya.

Ambeien (wasir) merupakan kondisi yang paling sering menimbulkan benjolan di sekitar anus. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang mengalami ambeien luar.

Benjolan muncul karena adanya gangguan dalam aliran darah menuju saluran pembuangan. Terkadang, benjolan di anus juga bisa berupa kutil. Kutil disebabkan oleh infeksi Human papillomavirus (HPV), salah satu jenis virus yang paling umum menyebabkan penyakit menular seksual (PMS). Pada awalnya, kutil muncul dalam ukuran yang kecil, tapi seiring waktu bisa tumbuh membesar sampai menutupi area anus.

Virus ini menular melalui hubungan seksual yang tidak aman atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi pada area anus.

6 Penyebab Benjolan di Anus, Bukan Hanya Wasir dan Ambeien

6 Penyebab Benjolan di Anus, Bukan Hanya Wasir dan Ambeien

Munculnya benjolan di anus memang dapat membuat pengidapnya merasa tak nyaman, terutama saat berjalan atau duduk. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh wasir atau fisura ani, dan umumnya tidak menimbulkan gejala.

Biasanya kondisi ini terjadi akibat pori-pori yang tersumbat sehingga menimbulkan benjolan lembut berisi cairan di anus. Selain itu, kutil anus umumnya tidak menimbulkan keluhan atau nyeri, terutama jika ukurannya kecil. Menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons, Kanker anus umumnya jarang terjadi dan hanya dialami oleh satu dari 500 orang. Namun, jika benjolan tersebut disebabkan oleh kanker atau penyakit serius lainnya, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Ada Benjolan yang Terasa Nyeri di Anus, Hati-Hati Gejala Kanker Anus

Ada Benjolan yang Terasa Nyeri di Anus, Hati-Hati Gejala Kanker Anus

Apabila kamu merasa ada benjolan di sekitar anus yang terasa nyeri, waspada bisa jadi itu adalah tumor. Oleh sebab itu, jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter apabila mendapati suatu benjolan disekitar anus yang terasa nyeri. Prosedur bedah ini mengeluarkan anus, rektum, dan bagian dari kolon sigmoid melalui sayatan yang dibuat di perut. Prosedur ini hanya digunakan untuk kanker yang tetap atau kambuh setelah perawatan dengan terapi radiasi dan kemoterapi. Mengutip American Society of Clinical Oncology, diperkirakan bahwa 8.300 kasus kanker anus terdiagnosis pada tahun 2019 dan sekitar 1.280 kematian tercatat. Jadi, sebaiknya selalu perhatikan ketika terdapat gejala aneh di dalam tubuh agar bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

6 Penyebab Benjolan di Dubur tapi Bukan Wasir, Apa Saja?

6 Penyebab Benjolan di Dubur tapi Bukan Wasir, Apa Saja?

Wasir atau hemoroid memang menjadi salah satu penyebab paling umum munculnya benjolan di anus. Dubur terdiri dari beberapa jaringan yang berbeda, termasuk membran mukosa, kelenjar getah bening, saraf, dan pembuluh darah.

Mengejan saat buang air besar, mengangkat benda berat, dan gerakan kuat lainnya dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Infeksi dapat terjadi di bagian tubuh mana saja yang bersentuhan dengan virus, termasuk dubur. Kebanyakan kondisi ini tidak berbahaya, jadi jangan langsung panik ketika mendapati benjolan di dubur.

Jangan lupa juga untuk selalu konsumsi serat yang cukup agar BAB lancar dan jaga kebersihan area dubur dengan baik. Sebagian besar kondisi yang menyebabkan benjolan keras di dubur bersifat jinak atau tidak berbahaya.

Ada Benjolan di dalam Miss V, Pertanda Apa? Simak Ulasannya

Ada Benjolan di dalam Miss V, Pertanda Apa? Simak Ulasannya

Akan tetapi, kamu tetap perlu waspada apabila benjolan tersebut tidak menghilang, atau bahkan justru membesar. Terlebih jika kemunculannya diikuti dengan banyak gejala lainnya, bisa iritasi, ruam, gatal, nyeri, hingga perdarahan pada organ tersebut. Meski bisa dibilang tidak membahayakan, kamu tetap perlu mengetahui penyebab pasti munculnya benjolan di dalam Miss V, yaitu:.

Namun, apabila ukurannya bertambah besar, tentu akan memicu rasa tidak nyaman ketika berjalan, berhubungan intim, berolahraga, hingga menggunakan pembalut berjenis tampon. Ukurannya juga terbilang beragam, tetapi biasanya berupa benjolan kecil, keras, dan tidak menyakitkan kecuali telah terjadi infeksi. Menjadi salah satu masalah kesehatan yang termasuk dalam penyakit menular seksual, munculnya kutil kelamin ditandai dengan adanya benjolan kecil yang muncul di area sekitar bibir Miss V, leher rahim, sekitar anus, dan bagian dalam Miss V. Kondisi ini terjadi karena virus kelompok Human papillomavirus atau HPV, penyebarannya sangat mudah terjadi melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, atau oral. Biasanya, benjolan kutil kelamin akan tampak berupa kumpulan dengan warna coklat kemerahan atau merah muda. Beberapa kasus penyakit ini tidak memicu rasa sakit, tetapi ada pula yang merasa perih dan gatal. Meski menjadi kondisi yang jarang terjadi, kamu tetap tidak boleh menganggap remeh kanker vulva dan vagina.

Waspada jika benjolan di dalam Miss V tidak kunjung hilang dan kamu merasakan berbagai kondisi lain yang sangat mengganggu.