Loading icon
Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun

Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun

Share:

Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun. Berbagai menu makanan balita usia 1-5 tahunBerbeda dengan saat bayi atau masa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), di usia 1 tahun ke atas variasi menu si kecil sudah semakin bertambah karena sudah bisa makan makanan keluarga. Berikut menu makanan balita usia 1-5 tahun yang bisa dicoba. Menu makanan balita usia 1 tahunAnak usia 1 tahun, sudah bisa menyantap makanan keluarga karena ia sudah lebih mahir untuk mengunyah berbagai macam makanan padat. Berikut contoh resep menu makanan bayi 1 tahun sesuai gizi anak:Semur hati ayamMakanan balita yang satu ini tinggi zat besi dan bisa menambah nutrisi pada balita usia 1 tahun. Menu makanan balita usia 2 tahunDi usia 2 tahun, anak mulai mencoba banyak jenis makanan yang sebenarnya sering tidak sehat, terutama dalam hal camilan.

Menu Makanan Balita Usia 1-5 Tahun Agar Ia Makin Lahap

Berbagai menu makanan balita usia 1-5 tahun

Berbeda dengan saat bayi atau masa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), di usia 1 tahun ke atas variasi menu si kecil sudah semakin bertambah karena sudah bisa makan makanan keluarga.

Meski semakin memudahkan Anda dalam memasak, menunya harus semakin bervariasi karena anak mudah bosan.

Belum lagi kalau si kecil cenderung picky eater, tantangan Anda semakin banyak dalam memasak. Berikut menu makanan balita usia 1-5 tahun yang bisa dicoba.

Menu makanan balita usia 1 tahun

Anak usia 1 tahun, sudah bisa menyantap makanan keluarga karena ia sudah lebih mahir untuk mengunyah berbagai macam makanan padat.

Ini karena jumlah gigi anak yang tumbuh biasanya sudah jauh lebih banyak sehingga memudahkannya saat mengunyah.

Anak 1 tahun atau 12 bulan ini membutuhkan sekitar 1125 kalori per hari. Selain memberikan makanan utama, bisa dilengkapi dengan menyajikan makanan selingan atau camilan agar kebutuhan kalori tersebut terpenuhi.

Berikut contoh resep menu makanan bayi 1 tahun sesuai gizi anak:

Semur hati ayam

Makanan balita yang satu ini tinggi zat besi dan bisa menambah nutrisi pada balita usia 1 tahun. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram hati ayam mengandung 15,8 gram zat besi dan 261 kalori.

Bahan-bahan:

  • 1 pasang hati ayam
  • 1 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 biji kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 lembar daun salam
  • 2 butir cengkeh
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm gula merah
  • 200 ml air

Cara membuat

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar.
  2. Tumis bumbu tersebut sampai wangi, lalu masukkan daun salam dan beri air.
  3. Masukkan hati ayam dengan cengkeh, kaldu bubuk, kecap manis, dan gula merah.
  4. Tunggu sampai matang dan air berkurang. Cicipi untuk memeriksa rasa.
  5. Hidangkan selagi hangat dengan nasi.

Kentang goreng

Makanan ini bisa menjadi camilan setelah menyantap menu utama. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram kentang mengandung 347 kalori dan bisa menambah asupan energi harian si kecil. Berikut resepnya:

Bahan-bahan

  • 5 buah kentang
  • 1 sdm garam
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 500 ml air untuk rebus kentang
  • Minyak goreng

Cara membuat

  1. Kupas kentang lalu potong-potong sesuai selera.
  2. Cuci bersih kentang yang sudah dipotong sampai air bilasannya jernih, lalu tiriskan.
  3. Panaskan air di dalam panci sampai mendidih, tambahkan bawang putih dan garam, masukkan kentang selama 3-5 menit.
  4. Angkat kentang, tiriskan, lalu rendam di dalam air es selama 10 menit sampai kentang tidak terasa panas. Tiriskan sampai kering.
  5. masukkan tepung maizena di dalam wadah, lalu masukkan kentang kering lalu aduk merata.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, tunggu sampai minyak panas lalu goreng sampai kering.
  7. Hidangkan selagi hangat dan bisa dilengkapi dengan saus.

Menu makanan balita usia 2 tahun

Di usia 2 tahun, anak mulai mencoba banyak jenis makanan yang sebenarnya sering tidak sehat, terutama dalam hal camilan. Ini masa yang wajar karena ia memang sudah bisa mencicipi menu lain, tidak seperti saat masih bayi.

Makanan Bayi Usia 1 Tahun agar Cepat Gemuk

Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun. Makanan Bayi Usia 1 Tahun agar Cepat Gemuk

Menu makanan baby yang berusia 12 bulan adalah menu makanan yang biasa dikonsumsi oleh keluarga. Di usia ini, bahan makanan untuk orang dewasa bisa Mama gunakan untuk membuat makanan si Kecil dengan cara dicincang kasar. Porsi sumber protein dan lemak lebih kecil dari porsi sumber karbohidrat dan sumber vitamin dan mineral. Dengan panduan piramida makanan ini, Mama dapat memberi makan si Kecil 3-4 kali sehari dengan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energinya. Pada bayi dan anak-anak, zat besi berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan perilaku dan kognitif, dan untuk sistem kekebalan tubuh mereka.

10 Resep Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan, Tumis Ayam Jamur hingga Sup Ikan Gurame

Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun. 10 Resep Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan, Tumis Ayam Jamur hingga Sup Ikan Gurame

Air susu ibu (ASI) adalah makanan wajib yang harus diberikan kepada bayi sampai usia dua tahun untuk menjaga dan mempertahankan tumbuh dan kembang bayi. Sayangnya, saat bayi berusia 1 tahun dan sudah bisa diberikan makanan pendamping, bayi kerap kali susah makan. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENTResep makanan ASIAda beragam resep makanan untuk anak usia 1 tahun yang sulit makan nih, Bunda. Tumis ayam jamurBahan:Dada ayam, potong daduJamur kuping basah, diiris tipisTofuBumbu:Bawang merah, irisBawang putih, irisJahe, geprekSedikit garamSedikit mericaCara membuat:Tumis bumbu dengan mentega sampai wangi, masukkan ayam dan jamur. Tambahkan sedikit air, garam, dan sedikit merica.

8 Resep Makanan Anak 1 Tahun Penambah Berat Badan

Resep Makanan Anak Umur 1 Tahun. 8 Resep Makanan Anak 1 Tahun Penambah Berat Badan

Berbagai MPASI yang bisa menaikkan berat badanOrang tua khususnya Mama disaat anaknya mulai menginjak 1 tahun, akan bersemangat untuk membuat resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan berbagai makanan atau MPASI yang bisa menaikkan berat badan. Ada 8 resep makanan yang cocok untuk anak berusia 1 tahun dan bisa menambah berat badan. Setelah kacang merah lunak, masukkan wortel hingga empuk. Bubur hati ayam dan sayuran Freepik.com/azerbaijan-stockers Adapun resep makanan anak 1 tahun penambah berat badan selanjutnya yaitu bubur hati ayam dan sayuran. Bubur tahu dan kentang Freepik/Jcomp Bubur yang terbuat dari tahu dan kentang juga bisa dijadikan sebagai menu makanan untuk anak agar berat badannya bertambah.