Loading icon
Kepala Peyang Pada Orang Dewasa

Kepala Peyang Pada Orang Dewasa

Share:

Hanya saja, bagi sebagian orangtua bentuk kepala bayi baru lahir yang peyang dianggap kurang baik secara estetika. Beberapa kondisi di bawah ini, bisa memberikan tekanan berlebih pada kepala bayi, sehingga menjadi penyebab kepalanya peyang:.

Tidak hanya tekanan yang berlebihan, penyebab kepala bayi peyang salah satunya adalah adanya gangguan pada otot leher. Meskipun bentuk kepala peyang tidaklah berbahaya, tetap saja ada risiko yang mungkin muncul akibat kondisi ini. Perlu Anda pahami pula bahwa dokter akan melakukan perawatan sesuai usia bayi serta tingkat keparahan kondisinya.

Secara umum, berikut adalah pilihan perawatan dan cara memperbaiki agar bentuk kepala bayi tidak peyang, seperti:. Menggendong bayi akan mengurangi waktu yang ia habiskan dalam posisi telentang sehingga tekanan di kepala dapat berkurang.

Terapi fisik berfungsi agar kepala peyang pada bayi kembali dalam bentuk normal sekaligus mengatasi gangguan otot leher yang mungkin timbul. Jadi, kemungkinan kepalanya tidak mendapatkan tekanan dalam waktu yang lama, karena posisi tidur pun berubah dengan sendirinya.

Lalu, seiring pertumbuhan dan perkembangan tengkorak, kepala peyang atau datar akan membaik, bahkan dalam kasus yang parah.

Kepala Peyang pada Bayi: Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kepala Peyang pada Bayi: Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jika terapi fisik ini tidak membuahkan hasil, langkah selanjutnya dokter akan menyarankan untuk melakukan carniar orthotic therapy. Maka dari itu, apabila ada yang mengatakan kalau kepala bayi peyang tidak bisa kembali, ini juga merupakan mitos.

Apalagi, keputusan untuk melakukan terapi karena kepala peyang ini berdasarkan kasus tertentu yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Maka dari itu, orangtua tidak perlu khawatir secara berlebihan karena kondisi ini bisa dicegah.

Daripada dibiasakan menaruh bayi dalam posisi telentang, biarkan si kecil untuk melakukan tummy time atau tengkurap saat ia terjaga. Tummy time juga sekaligus dapat melatih memperkuat otot leher bayi sehingga ia akan lebih mudah untuk menggerakkan kepala saat tidur. Sebaiknya, jangan mudah percaya apabila ada yang mengatakan kalau pijatan dapat mengembalikan bentuk kepala bayi. Hal tersebut merupakan mitos karena tekstur kepala bayi yang lunak sebaiknya tidak ditekan atau bahkan dipijat.

Wajah tidak simetris akibat kepala peyang

Wajah tidak simetris akibat kepala peyang

Hal ini disebabkan Karena pada umumnya tulang tengkorak kepala bayi belum seutuhnya keras sehingga masih dapat berubah-ubah bentuk. Tidur terlentang tidak menggunakan bantal dalam waktu yang lama Tekanan pada kepala saat proses melahirkan Gangguan pada saat hamil seperti kekurangan cairan ketuban Gangguan pada otot leher yang kaku Bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Kepala peyang biasanya akan membaik dengan cara :. Sedangkan wajah yang tidak simetris bisa disebabkan oleh beberapa hal bisa dari genetik, gangguan pada gigi, cedera, gangguan syaraf seperti bell's palsy, stroke dan lain sebagainya.

Karena sebenarnya tidak ada bagian tubuh yang kanan kiri sama persis. Namun jika membuat Anda tidak percaya diri.

Untuk memperbaiki wajah yang tidak simetris sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter bedah khususnya bedah plastik. Implan Yaitu memasukkan silikon atau gel ke bagian wajah. Anda juga dapat membaca penjelasan lainnya terkait wajah tidak simetris di bawah ini :.