Loading icon
Ucapan Selamat Aqiqah Anak Perempuan

Ucapan Selamat Aqiqah Anak Perempuan

Share:

Bola.com, Jakarta - Ada berbaga hal yang perlu dilakukan oleh umat muslim setelah kelahiran seorang bayi, satu di antaranya yang disunahkan oleh Rasulullah adalah melakukan aqiqah. Aqiqah adalah prosesi penyembelihan binatang seperti unta, sapi ataupun kambing yang bertepatan dengan tujuh hari dari kelahiran anak dan sekaligus dilakukan pencukuran rambut dan pemberian nama bagi anak yang lahir.

Aqiqah menjadi prosesi yang terbilang penting bagi orang tua dan sang bayi. Selain menjadi bentuk rasa syukur, dengan melakukan aqiqah diharapkan sang bayi akan memiliki kehidupan yang penuh berkah ke depannya. Saat perayaan aqiqah akan ada ucapan serta doa yang datang dari kerabat, teman, maupun keluarga untuk sang bayi dan orang tua.

Jika ada teman atau keluargamu yang sedang melakukan aqiqah untuk anaknya, kamu juga bisa mengirimi mereka ucapan selamat aqiqah. Berikut 40 contoh ucapan selamat aqiqah untuk bayi, yang bisa dijadikan sebagai referensi, seperti disadur dari Merdeka, Rabu (13/7/2022).

Ucapan Selamat Aqiqah untuk Anak Laki-laki dan Perempuan beserta Doa

Ucapan Selamat Aqiqah untuk Anak Laki-laki dan Perempuan beserta Doa

Nah, aqiqah sendiri merupakan kewajiban bagi seorang Muslim, hal ini dilakukan sebagai bukti dari rasa syukur hamba-Nya atas kelahiran bayi yang telah dinanti-nantikan. Kini anakmu sudah aqiqah, semoga kelak ia bisa menjadi anak yang cerdas dan bertaqwa kepada Allah SWT.”. Karena dengan adanya anak laki-laki, kelak ia dapat mengemban tanggung jawab yang besar bagi ibu dan adik perempuannya. Semua orangtua punya harapan untuk memiliki anak perempuan yang cantik, serta tumbuh dengan menaati aturan agama.

“Menjadi orang tua adalah nikmat yang harus disyukuri sepanjang masa, rawat lah bayi cantik ini sepenuh hati dan insyaallah keridhoan Allah akan selalu bersamamu.”. Doa-doa tersebut bukan hadits dari Rasulullah, melainkan doa yang pernah dipanjatkan oleh para sahabat Nabi dan ulama.

Namun, ada pendapat lain yang disampaikan oleh Mazhab Maliki, Syafi’I, dan salah satu riwayat Mahzab Ahmad. Terakait hal ini, juga ditegaskan oleh seorang ulama Syafi’iyah, al-Hataimi, ia mengatakan, apabila seseorang berniat satu kambing untuk kurban dan aqiqah sekaligus, maka keduanya tidak dianggap. Sementara itu, bagi mereka yang sudah memasuki usia dewasa, tapi belum juga melakukan aqiqah, maka tidak wajib baginya untuk mengaqiqahkan dirinya sendiri.

Jadi, mereka yang memegang pendapat ini, ketika sudah mampu, ia disukai jika dia mengaqiqahkan dirinya sendiri.

22 Referensi Ucapan Aqiqah Penuh Doa dan Rasa Syukur

22 Referensi Ucapan Aqiqah Penuh Doa dan Rasa Syukur

Aqiqah identik dengan menyembelih kambing yang dilakukan setelah lahirnya seorang bayi. Menurut Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, aqiqah yaitu sembelihan dengan niat mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat diberi anak yg dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran si bayi. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Salman bin Ammar Adh Dhabbi, katanya: Rasulullah bersabda:. "Setiap anak membawa aqiqah, maka sembelihlah untuknya dan jauhkanlah gangguan darinya" (HR.

Kelahiran bayi laki-laki tentu membahagiakan karena kelahirannya menjadi anugerah dan rezeki dari Tuhan bagi pasangan orangtuanya. Karena dengan adanya anak laki-laki, kelak ia dapat mengemban tanggung jawab yang besar bagi ibu dan adik perempuannya. Aamiin.” “Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan keridhoan yang terbuka lebar untuk ananda bayi tersayang.”.

Semua orangtua punya harapan untuk memiliki anak perempuan yang cantik, serta tumbuh dengan menaati aturan agama.

20 Ucapan Selamat Aqiqah, Islami dan Simple Untuk Anak, Bisa Dibagikan di WhatsApp

20 Ucapan Selamat Aqiqah, Islami dan Simple Untuk Anak, Bisa Dibagikan di WhatsApp

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- 20 Ucapan Selamat Aqiqah Yang Islami dan Simple Untuk Anak, Bisa Dibagikan di WhatsApp. Aqiqah dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt serta kebahagiaan atas kelahiran seorang anak.

Bagi anda yang membutuhkan ide ucapan selamat aqiqah, bisa menggunakan contoh kata-kata pilihan terbaik dari Tribun Sumsel di bawah ini. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kumpulan ucapan selamat aqiqah yang simple bisa dibagikan melalui media sosial. Barakallah atas aqiqahnya, semoga Allah SWT memberikan keturunan terbaik untuk keluargamu. Selamat ya aqiqahnya berjalan lancar, semoga anakmu kedepannya menjadi anak yang sholeh dan bisa membanggakan orang tua. Tiada kata yang lebih indah, selain ucapan doa dan syukur atas kelahiran bayi cantikmu.

15+ Ucapan Selamat Aqiqah Anak Tercinta Dengan Tulus dari Hati

15+ Ucapan Selamat Aqiqah Anak Tercinta Dengan Tulus dari Hati

Ucapan Selamat Aqiqah – Agama Islam telah memberikan cara yang baik untuk umatnya setelah proses kelahiran seorang anak. Seorang anak yang berhasil lahir di dunia dengan selamat, sehat, dan sentosa, hendaknya orang tuanya mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah. para orang tua yang mengadakan aqiqah dapat langsung membagikannya kepada keluarga dan tetangga maupun dengan mengundang datang ke rumah. Apabila para orang tua ingin mengundang sanak keluarga dan tetangga ke rumah, diwajibkan untuk mempersiapkan segala persiapan acara aqiqah dengan matang.

Mengundangnya ke rumah disertai dengan upacara adat untuk memperingati kelahiran bayi adalah kebiasaan yang dilakukan di Indonesia. Dengan tulus acara aqiqah yang diadakan adalah untuk mengungkapkan syukur, mengabarkan berita bahagia bagi keluarganya dan tetangga. Hubungan yang baik akan mengantarkan kepada surga, Yuk kita bersama mengucapkan selamat aqiqah dengan cara islami seperti berikut:. Perjuangan orang tua tidak hanya sampai pada melaksanakan acara aqiqah saja, bahkan ini adalah moment yang baru dimulai.

20 Ucapan Aqiqah untuk Anak Beserta Doa dan Tata Caranya

20 Ucapan Aqiqah untuk Anak Beserta Doa dan Tata Caranya

Tetapi secara istilah, aqiqah adalah sebuah tradisi menyembelih hewan ternak dan pencukuran rambut bayi pada hari ketujuh setelah buah hati terlahir ke muka bumi. Tetapi caranya sedikit berbeda yakni orang tua hanya perlu memberikan uang kepada putra atau putrinya lalu sang anak lah yang akan membeli hewan sembelihan. Puji syukur terus dipanjatkan atas kehadirat Allah Subhanahu wa ta’alla karena telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga acara aqiqah putri/putra kami ………. Melalu kartu ucapan aqiqah kali ini, izinkan aku berdoa semoga anakmu yang juga keponakanku tersebut bisa tumbuh sehat dan cerdas. Sebab lewat kartu ucapan ini tetap ku panjatkan doa semoga ia bisa tumbuh dengan sehat dan selalu berbakti pada orang tuanya.”. Lewat kartu ucapan aqiqah berikut aku berdoa semoga kelak ia tumbuh besar menjadi seseorang yang sholeh/shaleha dan juga bertaqwa kepada Allah SWT.”.