Loading icon
Kenapa Pakai Skincare Malah Jerawatan

Kenapa Pakai Skincare Malah Jerawatan

Share:

Anda bisa mengalami purging atau bruntusan akibat penggunaan skincare yang mengandung AHA, asam salisilat, retinoid, retinol, retinyl palmitate, tazarotene, vitamin C, hingga benzoil peroksida. Pada beberapa orang, iritasi kulit akibat penggunaan skincare bisa berasal dari kandungan AHA, tretinoin, dan produk mengandung zat wewangian atau parfum. Anda juga tidak disarankan untuk melanjutkan penggunaan produk skincare yang lama saat kulit mengalami bruntusan akibat purging, iritasi, atau alergi. Selain itu, langkah ini berguna untuk membantu kulit dapat menyesuaikan diri dengan kandungan bahan aktif dari produk skincare yang baru. Maka dari itu, selalu pastikan kandungan produk skincare yang Anda pilih aman di wajah dengan cara melakukan tes pada kulit terlebih dahulu. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare, segera konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Pakai Skincare Baru Malah Jerawatan, Kenapa?

Pakai Skincare Baru Malah Jerawatan, Kenapa?

Klinik Kecantikan di Surabaya : Alasan Jerawat Muncul Setelah Pakai Skin Care Baru. Pure Laser Clinic – Banyak orang, terutama wanita, gemar mencoba skincare baru.

Ini adalah kondisi di mana tubuh sedang membersihkan atau memperbaiki lapisan bawah kulit. Kamu tidak perlu khawatir, karena proses ini hanya berlangsung 3-4 minggu atau disesuaikan dengan pertumbuhan kulit setiap orang.

Jika kondisi kulit tak kunjung membaik setelah empat minggu dan disertai dengan gejala fisik lain (seperti kulit terasa perih atau iritasi), sebaiknya segera hentikan penggunaan skin care, kosmetik, atau produk kecantikan yang sedang dipakai. Hal ini bisa menandakan bahwa kulit kamu tidak cocok dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Sambil menggunakan skin care, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Biasakan untuk cuci muka secara rutin, maksimal dua kali sehari, dengan produk pembersih wajah sesuai jenis kulit untuk membantu mengangkat debu, kotoran, polusi, minyak, dan sel-sel kulit mati. Jika kamu merasa terganggu dengan kondisi kulit berjerawat, tidak ada salahnya untuk pergi ke klinik kecantikan di Surabaya seperti Pure Laser Clinic untuk mendapat perawatan khusus wajah berjerawat.

Pakai Skincare Malah Jerawatan? Ternyata Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan

Pakai Skincare Malah Jerawatan? Ternyata Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan

Meskipun rutin menggunakan skincare, jerawat di wajah Bunda tak kunjung hilang dan semakin bertambah, ya? Mengutip dari laman Healthline, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kulit penuh dengan jerawat, nih.

Bunda mungkin berpikir produk berlabel ini akan membantu kulit yang rentan berjerawat, bukan? Pilihan terbaik adalah tetap menghindari penggunaan produk skincare yang bisa mengiritasi kulit seperti alkohol atau wewangian.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan kulit berjerawat meski pakai skincare.

Pakai Skincare Baru Malah Berjerawat? Atasi dengan Cara Ini!

Pakai Skincare Baru Malah Berjerawat? Atasi dengan Cara Ini!

Jangan sampai sudah diberi “sinyal-sinyal” oleh kulit, tapi kamu tetap bablas memakai produk-produk yang bisa membuat kondisi kulitmu lebih parah dari sebelumnya. Beberapa kandungan yang juga bisa memicu iritasi pada kulit adalah alkohol, SLS (Sodium Laureth Sulfate), atau bahkan Salicylic Acid.

Coba cari tahu dulu apakah ada ingredient dominan yang bisa menimbulkan iritasi, lalu kurangi frekuensi pemakaiannya untuk melihat efek selanjutnya. Selain hanya mencuci muka dengan air, saya juga tidak memakai moisturizer, sunscreen, atau produk skincare lainnya. Purging merupakan hal yang umum dialami dan biasanya terjadi kurang lebih dua minggu sebelum kulitmu akhirnya kembali normal. Tapi kalau jerawat yang muncul ukurannya besar, membengkak dan nyeri seperti ini, kamu harus lebih waspada karena itulah tanda-tanda breakout!

4 Kesalahan Saat Pakai Skincare untuk Jerawat, Waspada Malah Makin Parah

4 Kesalahan Saat Pakai Skincare untuk Jerawat, Waspada Malah Makin Parah

Kulit wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat menjadi impian banyak orang. Tapi ada baiknya untuk menggunakan obat jerawat dengan persentase rendah terlebih dahulu.

Sifat beberapa kandungan skincare jerawat bisa bikin kulit wajah kering dan bahkan lebih sensitif. Jerawat juga bisa muncul akibat moisture barrier rusak dan kulitmu dehidrasi. Bukannya hilang, justru jadi ada kemungkinan jerawat baru akan muncul di area lain.

Yes, konsisten itu perlu, namun kalau berlebihan kulitmu malah akan jadi iritasi, memerah, atau bahkan sampai mengelupas. Kalau dua kali dirasa terlalu berlebihan buat kulitmu (misalnya kulit jadi kering, perih, kemerahan), sekali seminggu pun sudah cukup asalkan konsisten.

Dan penting banget untuk pakai sunscreen juga ya pagi atau siang harinya. Banyak orang yang terlalu cepat mengganti skincare, padahal produk perawatannya baru digunakan sebentar.

Hal ini biasanya karena kurang sabar dan ingin hasil yang cepat.

Ganti Skin Care Anda Bila Tanda-tanda Ini Muncul • Hello Sehat

Ganti Skin Care Anda Bila Tanda-tanda Ini Muncul • Hello Sehat

Tanda-tanda Anda harus ganti produk skin care. Reaksi yang muncul ketika kulit Anda tidak membutuhkan atau tidak cocok dengan produk tertentu cukup beragam. Mulai dari timbul jerawat, kering, atau malah tidak ada perubahan sama sekali.

Muncul jerawat dengan kondisi yang semakin memburuk. Sebelumnya, perlu Anda ketahui kalau kulit berjerawat bukan selalu tanda bahwa Anda harus buru-buru ganti skin care.

Kalau kulit Anda berjerawat setelah memakai suatu produk, itu tandanya kulit sedang bereaksi terhadap bahan aktif yang terdapat di produk tersebut. Dikutip dari Healthline, proses purging mempercepat pergantian sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit yang baru akan terbentuk dan kondisi kulit terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Anda mungkin akan mengalami proses ini ketika menggunakan produk dengan bahan aktif tertentu, seperti retinoid, AHA, atau BHA. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata jerawat yang muncul adalah reaksi akibat tidak cocok dengan produk tersebut?

5 Alasan Kita Tetap Jerawatan Padahal Sudah Pakai Skincare. Hiks!

Tapi apa mau dikata, kita memang harus sabar menghadapi jerawat yang datang terus menerus. Biasanya saat menjelang atau sedang menstruasi, banyak dari kita yang akan timbul jerawat. Menemukan skincare yang cocok memang ada journey tersendiri, jadi sabar aja dan jangan patah semangat, ya! Selain itu, makanan serba instan, junk food, dan goreng-gorengan juga akan membuat kondisi kulit kian memburuk.

Bisa aja kita tetap jerawatan karena sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Sering makeup dengan menggunakan kuas yang jarang dicuci juga bisa memperparah kondisi jerawat kita.

Jadi, kalau pakai produk perawatan rambut, usahakan jangan sampai mengenai kulit wajah, ya!