Loading icon
Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah

Share:

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. Ternyata sejak zaman dulu, bunga calendula sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk kulit dan tubuh. Hasil penelitian ini menunjukkan, krim minyak calendula (calendula oil cream) dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi UV dalam bentuk krim tabir surya. Bersifat Anti-InflamasiSelain dua hal di atas, manfaat bunga calendula juga bisa membantu tubuh melawan inflamasi. Membantu Mengatasi JerawatManfaat bunga calendula juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa menggunakan krim calendula, minyak, atau perawatan wajah yang mengandung calendula pada area yang rawan atau sedang mengalami jerawat.

Dari Sunscreen sampai Jerawat, Ini 5 Manfaat Bunga Calendula

Halodoc, Jakarta - Pernah melihat atau mendengar bunga calendula? Bunga ini berasal dari Eropa Selatan. Bentuknya unik, kelopak bunganya terbuka lebar dan berwarna kuning atau jingga cerah. Namun, siapa sangka di balik kecantikannya, bunga calendula ternyata bisa memberi banyak manfaat. Mulai dari kecantikan dan kesehatan tubuh.

Ternyata sejak zaman dulu, bunga calendula sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk kulit dan tubuh. Bunga ini bersifat anti-viral, yaitu mampu membunuh dan melemahkan perkembangan virus. Enggak heran bila bunga cantik ini akhirnya sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti kosmetik, medis, maupun kuliner.

Lantas, apa saja sih manfaat bunga calendula? Penasaran? Berikut pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan 5 Manfaat Teh Rosella

  1. Sebagai Tabir Surya

Minyak calendula bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari yang bisa merusak kulit. Enggak percaya? Menurut studi laboratorium dalam Journal of Young Pharmacists menemukan, minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim.

Hasil penelitian ini menunjukkan, krim minyak calendula (calendula oil cream) dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi UV dalam bentuk krim tabir surya. Tak cuma itu saja, krim minyak calendula juga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan pigmentasi alami kulit.

Meskipun begitu, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengklaim calendula oil cream dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya yang efekftif.

2. Bersifat Anti-Inflamasi

Selain dua hal di atas, manfaat bunga calendula juga bisa membantu tubuh melawan inflamasi. Bunga canlendula mengandung antioksidan, kaya akan vitamin, dan kandungan baik lainnya. Contohnya, sterol, beta-karoten, polisakarida, dan karetonoid. Bunga yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan, Mediteranian, dan Eropa Barat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti bengkak atau radang.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Bunga calendula juga bersifat antiseptik dan antimikroba karena efektif dalam mengobati dari luka ringan sampai luka terbuka. Bunga berwarna jingga cerah tersebut memiliki kandungan yang terbukti ampuh mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit. Mau bukti?

Menurut studi dalam National Institutes of Health, salep lidah buaya atau calendula bersama dengan perawatan luka (standard care) bisa mempercepat waktu pemulihan episiotomi (luka sayatan). Menurut hasil penelitian tersebut, pengunaan salep lidah buaya dan Calendula sangat meningkatkan kecepatan penyembuhan luka episiotomi.

Baca juga: Aneka Jenis Teh Korea yang Baik untuk Kesehatan

4. Memperbaiki Tampilan Kulit

Kulit kering dan berisisik? Kamu bisa kok memanfaatkan minyak calendula yang mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lembut kembali. Minyak esensial bunga calendula memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap. Dengan begitu, cocok digunakan bagi kamu yang punya jenis kulit berminyak sampai sensitif sekalipun.

Bahkan, minyak calendula bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Enggak cuma itu saja, kandungan anti oksidan dalam calendula juga membuat bunga tersebut sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Untuk mengatasi berbagai masalah penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

5. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat bunga calendula juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Satu studi laboratorium menemukan bahwa ekstrak calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat. Akan tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung temuan ini.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan calendula untuk mengatasi jerawat? Simpel kok caranya. Cucilah wajah menggunakan pembersih calendula. Kamu bisa menggunakan krim calendula, minyak, atau perawatan wajah yang mengandung calendula pada area yang rawan atau sedang mengalami jerawat.

Baca juga: 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Memiliki masalah kulit wajah atau kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. 7 Ways to Use Calendula Oil for Your Skin.

Journal of Young Pharmacists. Diakses pada 2020. Assessment of In Vitro Sun Protection Factor of Calendula officinal L. (Asteraceae) Essential Oil Formulation.

US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. The Impact of Aloe vera and Calendula on Perineal Healing after Episiotomy in Primiparous Women: A Randomized Clinical Trial.

Apa Saja Manfaat Minyak Calendula untuk Kulit?

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. Apa Saja Manfaat Minyak Calendula untuk Kulit?

Agar tak penasaran, di bawah ini merupakan manfaat minyak calendula untuk kulit yang sayang jika dilewatkan. Mempercepat penyembuhan lukaMinyak calendula terbukti memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Mencegah infeksiMinyak calendula bisa mencegah infeksi akibat gigitan serangga, lecet, luka kecil, dan luka bakar ringan. Seorang konsultan nutrisi sekaligus penulis buku Prescription for Herbal Healing, Phyllis A. Bach, menyatakan bahwa salah satu manfaat minyak calendula yaitu membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Namun, minyak yang satu ini tidak dianjurkan dipakai untuk mengatasi luka yang cukup dalam dan luka bakar parah.

8 Manfaat bunga calendula untuk kecantikan, mencegah breakout

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. 8 Manfaat bunga calendula untuk kecantikan, mencegah breakout

Brilio.net - Selain memiliki warna bunga yang indah, calendula juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Lantas, apa saja manfaat bunga calendula untuk kecantikan lainnya? Berikut brilio.net rangkum 8 manfaat bunga calendula untuk kecantikan dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (21/7). foto: freepik.comKrim yang mengandung ekstrak bunga calendula dapat mengencangkan kulit dan mencegah kulit mengalami dehidrasi. foto: freepik.comManfaat terakhir bunga calendula untuk kecantikan yaitu digunakan sebagai antiseptik alami.

Populer di 2021, Bongkar Fakta Kegunaan Bunga Calendula bagi Kecantikan Wajah

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. Populer di 2021, Bongkar Fakta Kegunaan Bunga Calendula bagi Kecantikan Wajah

Bunga calendula sering disebut-sebut dalam kandungan sebuah produk perawatan wajah. Bunga calendula sejak dulu dipercaya sebagai bahan pengobatan/Foto: Pexels.com Bunga calendula sejak dulu dipercaya sebagai bahan pengobatan/Foto: Pexels.comBagaimana Asal-Usul Penggunaan Calendula? Melindungi Kulit dari Agresor LuarAntioksidan tingginya melindungi kulit dari paparan radikal bebas/Foto: Pexels.com Antioksidan tingginya melindungi kulit dari paparan radikal bebas/Foto: Pexels.comDebu, polusi, dan sinar UV matahari jadi musuh utama kulit dari luar. Votre Peau Herbal Calendula Hydrating Face Toner, dengan ekstrak calendula dan pine bark. Mamonde Everyday Aqua Sun Cream, sunscreen dengan kandungan calendula yang melembapkan.

Manfaat Skincare Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. Manfaat Skincare Bunga Calendula untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat skincare bunga calendula untuk kecantikan kulit wajah, baik mengatasi masalah jerawat hingga mencegah penuaan dini. Merangkum dari berbagai sumber, bunga calendula atau bunga marigold adalah bunga yang memiliki karakteristik kelopak dengan warna kuning-jingga cerah. Untuk kesehatan kulit, skincare yang mengandung calendula memiliki sejumlah manfaat berikut ini;7 Manfaat Skincare Bunga Calendula untuk WajahAnti Inflamasi untuk Mengatasi JerawatBaca Juga : Manfaat Retinol untuk Jerawat dan Masalah Penuaan pada Kulit WajahMinyak dari bunga calendula mengandung anti-bakteri serta anti-inflammatory yang dapat membantu mengatasi peradangan jerawat, sekaligus mencegah munculnya jerawat baru. Menenangkan Kulit IritasiManfaat skincare bunga calendula yang berikutnya yaitu bisa menenangkan kulit iritasi. Itulah 7 manfaat bunga calendula untuk kesehatan kulit wajah.

Cobain Berbagai Manfaat Calendula untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini!

Manfaat Bunga Calendula Untuk Wajah. Cobain Berbagai Manfaat Calendula untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini!

Berbagai Manfaat Calendula untuk Kecantikan Kulit WajahBerbagai nutrisi yang telah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa calendula memiliki terbukti mampu membantu merawat kesehatan serta kecantikan kulit wajah kamu. Untungnya, manfaat calendula untuk kecantikan kulit wajah adalah mengatasi masalah kulit kering. Menjaga Kecantikan Alami KulitTak hanya menyehatkan, manfaat bunga calendula untuk kulit wajah lainnya adalah dengan menjaga kecantikan alaminya. Kamu bisa mendapatkan manfaat bunga calendula untuk kulit wajah ini dengan menggunakannya secara topical dengan rutin. Nah, itu adalah berbagai manfaa calendula untuk kecantikan kulit wajah yang mungkin saja belum kamu ketahui.