Loading icon
Cara Mengobati Gatal Di Leher Secara Alami

Cara Mengobati Gatal Di Leher Secara Alami

Share:

Penyebab leher gatal yang harus diketahui. Area leher terdiri dari kulit, karena itu berbagai penyebab gatal pada kulit juga dapat memicu timbulnya sensasi gatal pada leher.

Tanpa disadari, rasa gatal pada leher Anda bisa saja disebabkan oleh hal seperti:. terkena sinar matahari terlalu sering dan lama. berada di lingkungan yang kurang lembap dan kering.

digigit serangga seperti kutu. reaksi alergi terhadap makanan, bahan-bahan tertentu, atau pemicu lainnya.

iritasi akibat bahan kimia, pakaian, atau sabun. Ketika Anda merasakan gatal di leher, cobalah untuk mengingat makanan apa yang baru-baru ini Anda konsumsi, bahan pakaian yang Anda kenakan, atau aktivitas apa yang Anda lakukan. Hal ini dapat membantu Anda mengenali penyebab timbulnya rasa gatal pada leher.

Gatal di Leher? Simak Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Gatal di Leher? Simak Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Sebab tanpa disadari, leher gatal yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:. Kabar baiknya, cara menghilangkan gatal di leher dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan rumahan yang sederhana berikut ini.

Namun ingat, jangan menempelkan es batu langsung ke permukaan kulit leher yang gatal karena dapat menyebabkan iritasi semakin parah. Oleh sebab itu, penting memilih produk sabun atau perawatan kulit yang bersifat hypoallergenic alias tidak rentan menimbulkan alergi sehingga dapat mencegah timbulnya rasa gatal. Efek samping obat antihistamin yang bisa menyebabkan rasa kantuk, dapat membuat Anda tidur pulas walaupun kulit sedang gatal. Tidak hanya krim kortikosteroid, beberapa obat oles dengan kandungan menenangkan juga dapat meredakan gatal pada leher, seperti mentol, lotion calamine, dan benzocaine. Selain itu, Anda juga perlu pergi ke dokter apabila leher gatal disertai dengan beberapa gejala lain, seperti:. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar gatal pada leher lainnya, segera konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

13 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Memakai Bahan Alami

13 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Memakai Bahan Alami

Ada beberapa cara mengobati tenggorokan gatal seperti minum obat sampai konsumsi makanan bergizi. Bakteri dan virus menyebabkan pilek, radang tenggorokan, demam, nyeri tubuh, sampai rasa tidak nyaman pada dada.

Ada beberapa bahan untuk dibuat minum seperti jahe, akar manis, semanggi merah, dan kamomil. Hal ini membantu selaput lendir tetap bersih, dan mencegah penumpukan kotoran di tenggorokan.

Selain pelembab udara, bisa juga mandi menggunakan air panas yang banyak uap mengobati tenggorokan gatal. Anda bisa menggunakan kayu manis dengan campuran susu almond untuk atasi tenggorokan gatal.

Begini Cara Mengobati Kutil pada Leher

Begini Cara Mengobati Kutil pada Leher

Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai cara yang ampuh untuk mengobati kutil di leher agar kepercayaan diri kembali meningkat.". Ada lebih banyak dari 100 jenis HPV, dan hanya sejumlah kecil virus yang menyebabkan kutil. Kutil ditransmisikan melalui kontak biasa, sehingga mereka paling umum terjadi di tangan, jari, wajah, dan kaki. Beberapa kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun, tetapi itu bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Obat ini tersedia tanpa resep dalam beberapa bentuk, termasuk cairan pekat, gel, atau plester. Asam sitrat dalam jus lemon sama efektifnya dengan krim topikal tretinoin pada pengangkatan kutil dan menghasilkan lebih sedikit efek samping.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembuhkan kutil di leher atau bagian tubuh lainnya.

5 Cara Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami, Soda Kue hingga Minyak Kelapa

5 Cara Menghilangkan Ruam Kulit Secara Alami, Soda Kue hingga Minyak Kelapa

Selain itu, ruam kulit juga dapat disebabkan dengan sejumlah faktor, seperti reaksi alergi, penyakit, efek obat-obatan, infeksi jamur, bakteri, virus, hingga parasit. Bahkan, ruam kulit disebut sebagai salah satu gejala COVID-19 yang dialami oleh sejumlah pasien positif virus Corona.

Jika sudah terkena kondisi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim, losion, atau antihistamin untuk meredakan peradangannya. Akan tetapi, selain pergi ke dokter, ada beberapa pengobatan alami yang bisa meredakan ruam kulit, loh.

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal akibat ruam kulit adalah mengompres pakai air dingin atau es batu. Jika dalam waktu 24 jam tidak menimbulkan reaksi apapun, minyak kelapa ini aman digunakan untuk menyembuhkan ruam kulit. Tea tree oil atau disebut Melaleuca alternifolia adalah bahan alami yang mampu atasi ruam kulit. Selain menggunakan cara alami di atas, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mempercepat pemulihan dan meringankan ruam kulit.

Jika ruam kulit pada tubuh tergolong ringan, mungkin bisa diobati secara alami atau obat gatal biasa. Namun, jika ruam pada kulit terasa semakin parah dan memburuk, ada baiknya segera mengunjungi dokter.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Kelenjar Getah Bening

Hal-hal yang Perlu Diketahui Tentang Kelenjar Getah Bening

Halodoc, Jakarta - Jika kamu merasakan terdapat benjolan di dalam tubuh, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika getah bening mengalami pembesaran atau pembengkakan, hal ini membuat kondisi kesehatan seseorang menurun dan berisiko memunculkan penyakit. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh sitokin, yaitu zat kimia yang dapat mengganggu saraf di kulit.

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang bengkak karena infeksi, yaitu lunak (kenyal), dapat digerakkan dan ditekan terasa nyeri. Cara mengobatinya yaitu dengan pemberian obat anti-virus, lalu menekan respon imun, dan mengurangi tingkat gejala dari kondisi yang mendasarinya.

10 Obat Gatal Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah, Aman dan Ampuh

10 Obat Gatal Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah, Aman dan Ampuh

Hal ini yang membuat minyak kelapa bisa diandalkan sebagai obat gatal alami. Minyak ini akan menjadi pereda peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan.

Dalam sebuah studi pada 2016, minyak daun mint terbukti dapat mengurangi rasa gatal parah. Namun tetap saja tidak disarankan mengoleskan secara langsung minyak peppermint pada kulit yang luka karena gatal.

Campurkan minyak daun mint dengan pelembap yang biasa kamu gunakan sebagai obat gatal tradisional.