Loading icon
Surah Al Quran Penenang Hati

Surah Al Quran Penenang Hati

Share:

Saat hati gelisah dan merasakan begitu banyak masalah, kita dapat menenangkannya dengan mengingat Allah SWT sebagai salah satu solusinya. Atas izin Allah SWT, kita bisa mendapatkan ketenangan hati dengan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali. Selain itu, ayat ini juga memiliki keutamaan dapat memelihara kita dari kejahatan, keburukan, hingga penyakit.

Selain itu, ayat ini juga memiliki keutamaan dapat memelihara kita dari kejahatan, keburukan, hingga penyakit. Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.".

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.". Saat resah dan gelisah, kamu bisa menenangkan hati dengan membaca satu ayat dari Surat Al-Baqarah ini. Maka dari itu, kamu bisa membaca Surat Yasin ini secara rutin, minimal satu kali sehari selepas salat maghrib.

Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih

Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih

Al Quran diturunkan kepada Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat dari Allah SWT. Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari segala kejahatan, keburukan, dan penyakit.

Ayat ini juga sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari. Rasulullah telah menyebutkan, barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah pada malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah.

Surat ini mengandung makna mendalam tentang sifat-sifat ke-Esaan Allah SWT yang tidak ada di ayat lainnya. Oleh karena itu, surat ini disebut sangat penting sekali untuk penyembuhan semua penyakit.

Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al Quran akan diberikan balasan oleh Allah SWT 10 kali lipat. Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al Quran, mempelajari isi kandungannya, serta mengamalkannya setiap hari. Al Quran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan.

Keutamaan membaca Al Quran dengan tartil akan mendapatkan syafaat atau pertolongan pada hari Kiamat.

5 Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih

5 Ayat Al Quran Penenang Hati Saat Gelisah dan Sedih

Ir Abduldaem Al-Kaheel di dalam bukunya yang berjudul “Al Quran The Healing Book” menyampaikan, dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat di dalam Al Quran, ada beberapa di antaranya yang bisa dibaca untuk menjadi untuk penenang hati dan menyembuhkan fisik dan psikis yang sedang tidak tenang.

4 Surah Penenang Hati dalam Al-Qur'an, Ini Penjelasan Lengkapnya

4 Surah Penenang Hati dalam Al-Qur'an, Ini Penjelasan Lengkapnya

Seiring perkembangannya dalam menghadapi permasalahan zaman, Al-Qur'an senantiasa dimaknai dengan pemahaman yang berbeda-beda. Perbedaan di dalam menafsirkan dan memahami Al-Qur'an juga sering dialami oleh para sahabat Nabi.

Rasulullah SAW bersabda: “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran.” (HR Bukhari dan Muslim). Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari seluruh kejahatan, keburukan, dan penyakit.

Ayat ini sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari. Surah Al Araf Ayat 26 & Tafsirnya, Pakaian Terbaik Umat Islam di Mata Allah SWT.

5 Ayat dan Surat Al Quran untuk Zikir Penenang Hati

5 Ayat dan Surat Al Quran untuk Zikir Penenang Hati

Salah satunya selalu mengingat Allah SWT dalam semua keadaan, termasuk ketika mengalami kesulitan. Tentunya, keyakinan harus dibarengi usaha maksimal dengan cara yang baik untuk segera menemukan solusi. Ayat ini memberi semangat untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik sesuai aturan dan ketentuanNya. Kesulitan mungkin menjadi hal yang paling tidak diharapkan seorang muslim terjadi pada dirinya. Kepada yang sedang kesulitan, Allah SWT mengingatkan untuk selalu berdoa dan jangan segan meminta petunjuk dariNya. Selanjutnya, lima ayat dan surat Al Quran untuk zikir penenang hati ini bisa dibaca tiap hari.

8 Ayat dan Surat Al-Qur'an yang Menjadi Obat Penenang Hati

8 Ayat dan Surat Al-Qur'an yang Menjadi Obat Penenang Hati

Dari ratusan surat dan ribuan ayat yang terdapat dalambeberapa di antaranya bisa dibaca untuk menjadi obat penenang hati. Dengan izin Allah SWT, surat ini bisa membantu membuat hati menjadi tenteram dan kembali tenang.2.

Dijelaskan oleh Rasulullah SAW, surat Al-Ikhlas mengandung makna tentang sifat tauhid Allah SWT yang tak ada di ayat lainnya. Doa dari surat ini, sangat berkaitan dengan peristiwa yang dialami para nabi dan Rasul ketika sedang gelisah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa penenang hati yang diambil dari beberapa surat Al-Qur'an sebagai berikut:4.Surah Ad-DhuhaDalam Surah Ad-Dhuha, Surah 93, Allah subhana wa ta'ala mengungkapkan kisah pada saat Rasulullah sallallahu alayhi wa sallam mengalami depresi yang begitu berat. Kala itu, Rasulullah tidak menerima wahyu dari Allah selama 6 bulan, Rasul tidak bertemu ataupun didatangi dalam mimpi oleh Malaikat Jibril.Sedangkan pada masa itu Rasulullah juga semakin dibenci berbagai suku yang menolak dakwahnya sampai Rasul merasa Allah membencinya.

Hingga suatu hari saat Rasul dilempari kotoran dan diamuk massa dari Desa Thaif, Allah mengutus Malaikat Jibril.Rasul pun merasa senang.

5 Surat Penenang Hati dan Pikiran Dalam Alquran

5 Surat Penenang Hati dan Pikiran Dalam Alquran

Di masa yang tak pasti seperti ini, banyak orang merasa lebih mudah gelisah dan stres. Untuk umat Muslim, ada 5 surat di dalam Alquran yang bisa jadi rujukan penenang hati. Untuk menenangkan hati, kamu bisa membaca Al Fatihah sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh. Dengan izin Allah SWT, hatimu perlahan bisa menjadi tenteram dan kembali tenang.

Mama pun bisa membacanya setelah membaca Al Fatihah untuk melengkapi ketenangan hati. Surat Al Insyirah begitu hangatkan hati ketika kamu sedang merasakan kesulitan Freepik Allah SWT memberikan keyakinan pada Nabi Muhammad SAW bahwa dalam kesulitan dibarengi dengan kemudahan dan dituangkan dalam surat Al Insyirah.

Surat yang berisi 8 ayat ini turun sebagai pelipur lara bagi Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT. Dengan turunnya surat ini, Allah SWT melapangkan hatinya yang tadinya sedang sempit karena tertimpa tekanan berat.

Hal ini tertuang dalam ayat ke 92 yang berbunyi: Qala la tasriba 'alaikumul yaum, yagfirullahu lakum wa huwa ar hamur rahimin yang artinya: Dia (Yusuf) berkata: Pada hari ini tidak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni (kamu), dan Dia adalah Maha Penyayang di antara para penyayang.

Obat Penenang Jiwa

Obat Penenang Jiwa

Apabila permasalahan ini kita cermati, ada satu faktor yang bisa ditengarai sebagai sumber utama munculnya itu semua. Hal itu disebabkan hati manusia tidak akan bisa merasakan ketentraman kecuali dengan iman dan keyakinan yang tertanam di dalam hatinya.

Ternyata, inilah yang selama ini hilang dan menipis dalam diri kita; yaitu rasa cinta kepada Allah…. Kalau demikian keadaannya, maka solusi untuk bisa menggapai ketenangan jiwa melalui dzikir adalah dengan menumbuhkan dan menguatkan rasa cinta kepada Allah. Syaikh Dr. Muhammad bin Khalifah at-Tamimi hafizhahullah berkata, “Sesungguhnya rasa cinta kepada sesuatu merupakan cabang dari pengenalan terhadapnya. Sementara hal itu tidak akan bisa diperolehnya kecuali setelah merasakan kelezatan paling agung di dunia, yaitu dengan mengenal Allah dan mencintai-Nya, dan inilah yang dimaksud dengan surga dunia yang akan senantiasa menyejukkan hati hamba-hamba-Nya (lihat ad-Daa’ wa ad-Dawaa’, hal. Sholat terasa hampa, berdzikir tinggal gerakan lidah tanpa makna, dan al-Qur’an pun teronggok berdebu tak tersentuh tangannya.